Jaringan 5G segera siap tiba di Indonesia

Bersiaplah untuk menikmati jaringan 5G, karena jaringan 5g akan tiba di Indonesia yang rencananya nggak lama lagi bisa mulai digunakan. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan bahwa teknologi jaringan 5G harus masuk di Indonesia. “Tahun ini harus masuk,” ujar Rudiantara, dalam peluncuran data center Alibaba Cloud di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Januari 2019.

Saat ini jaringan 4G dianggap sebagai jaringan tercepat di Indonesia dan baru tersebar di beberapa kota besar. Belum lama kabar jaringan 4G muncul, kini tiba-tiba saja muncul kabar yang memberitakan bahwa jaringan internet broadband 5G akan segera muncul. Rasanya baru saja kemarin teknologi telekomunikasi keempat alias 4G hadir. Akan tetapi kini dunia sepertinya tengah bersiap untuk menyambut jaringan 5G. Begitu cepat larinya perkembangan teknologi ini. Sama seperti tujuan kita yang ingin cepat melesat ke masa depan. Sejumlah industri telekomunikasi juga tentu sudah tak sabar menyambut 5G. Alhasil, mereka langsung berlomba-lomba untuk membuat suatu riset dan uji coba terkait 5G. Pesertanya mulai dari vendor jaringan, operator telekomunikasi, sampai vendor pembuat perangkat genggam. lalu apa sebenarnya jaringan 5G itu?

Apa Jaringan 5G Itu?



Jaringan 5G atau fifth generation (generasi kelima) adalah teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Teknologi terbaru seluler ini baru direncanakan dirilis pada tahun 2020. Dan jaringan 5G ini diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian paling mutakhir, 5G menawarkan koneksi yang lebih cepat daripada koneksi saat ini, dengan kecepatan unduh rata-rata sekitar 1GBps.

Keunggulan Jaringan 5G


Pada praktiknya,  jaringan 5G masih berupa konsep yang keunggulannya belum terpampang dengan jelas. Tetapi jika melihat lebih dalam lagi dalam konsep 5G, maka bisa disimpulkan beberapa keunggulan dari teknologi ini seperti:

1.Memiliki kecepatan data yang jauh lebih tinggi dibandingkan 4G sehingga membuat penggunanya akan lebih nyaman setelah memakainya.
2.Memiliki kecepatan satu mili per detik untuk transfer data dari satu telepon ke telepon lainnya.
3.Teknologi jaringan 5G memberikan kelebihan yang sulit disamakan teknologi lain yaitu bisa terkoneksi dengan alat lainnya seperti peralatan rumah tangga, telepon dan mobil.

Dengan melihat tiga keunggulan 5G di atas, terlihat jelas bagaimana kecepatan 4G yang sudah terhitung cepat pada saat ini bisa dikalahkan dengan mudah dengan kecepatan 5G. Bahkan menurut prediksi, kecepatan yang dimiliki jaringan 5G bisa mencapai 800 Gbps.

Penemu Jaringan 5G

Penemu Jaringan 5G
Michael Lemke bukan orang baru di bidangnya. Ahli fisika bergelar PhD tersebut telah lama berkutat di .sektor telekomunikasi selama lebih dari 24 tahun. Selama seperempat abad lamanya, dia telah melihat standar telekomunikasi datang dan pergi. Sekarang, dia memperkirakan revolusi besar untuk jaringan mobile phone generasi kelima (‘5G’).

Perusahaan Yang Merilis Jaringan 5G Pertama Secara Komersil

Perusahaan Yang Merilis Jaringan 5G

Verizon Communications merupakan perusahaan internasional dalam bidang telekomunikasi yang berpusat di New York City, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan tahun 2000. Dan empat tahun setelah awal mula riset mengenai jaringan 5G dilakukan, tepatnya pada tahun 2012 New York University membentuk NYU Wireless. NYU Wireless adalah sebuah badan riset yang ditujukan untuk mengembangkan jaringan 5G secara nirkabel. Namun meski telah dikembangkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu, jaringan 5g baru bisa diakses secara komersil oleh Verizon pada Oktober 2018.

Indonesia Menyambut Kedatangan Jaringan 5G

Indonesia Menyambut Jaringan 5G

Indonesia tentunya tidak mau kehilangan kesempatan untuk mencoba jaringan 5G. Bahkan menurut Menkominfo, Indonesia harus segera menyambut 5G. Usaha terbaru yang dilakukan adalah  memakai 4% dana dari total PNBP Kominfo, sebesar Rp 16 triliun, untuk membeli frekuensi 5G. Melihat hal ini, terlihat jelas usaha pemerintah untuk membawa teknologi terbaru ini ke dalam masyarakat yang tentunya sangat membutuhkan inovasi teknologi.Jika 5G sudah berhasil masuk ke Indonesia dan bisa digunakan oleh masyarakat, maka semua akan berjalan lebih baik lagi daripada yang sebelumnya. Masyarakat semakin melek terhadap teknologi dengan bantuan dari pemerintah juga.

Sumber : MonitorTeknologi.Com

ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT