Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep Web


Saat kita berselancar bebas di internet, hampir semua konten berupa video, foto hingga dokumen-dokumen bisa dijumpai dan diakses secara bebas. Karena dengan menggunakan internet, kita bisa leluasa berbagi file dan data apapun. Bahkan tak jarang kita kerap mendengan dan mengenal tentang Deep Web, Apa itu Deep Web? Apa bahaya yang dapat terjadi jika mengakases deep web?

Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua hal yang ada di internet bisa kita akses secara bebas. Bahkan menurut fakta yang beredar, hanya 4 hingga 10 persen dari keseluruhan konten web di internet bisa dicari lewat mesin pencari biasa. Hal itu berarti cakupan konten yang ada di internet bahkan bisa lebih luas daripada yang kita kira. Sisanya, konten berada di deep web. Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu deep web, dan bahaya yang timbul bila kita mengakses deep web.

Seperti yang diketahui bahwa internet ternyata juga memiliki tingkatan-tingkatan atau kasta yang berfungsi sebagai pertanda apakah kita aman atau tidak dalam mengakses sebuah situs web. Berdasarkan dari tingkatan yang diilustrasikan sebagai bongkahan Iceberg, internet yang kita nikmati sekarang ini masih masuk ke dalam tingkatan Surface web. Surface Web sendiri adalah konten situs web yang kita bisa telusuri secara bebas di situs mesin pencari (search engine) seperti Google dan Yahoo. Namun, untuk mengakses deep web tidak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan google atau yahoo.


Mengenal Apa Itu Deep Web dan Bahaya Mengakses Deep Web


Layaknya sisi baik dan buruk, kebalikannya dari Surface Web ada Deep Web dan Dark Web. Sesuai dengan namanya, Dark dan Deep Web sendiri adalah situs web yang tak bisa ditelusuri dan diakses via peramban web (web browser) dan dicari lewat mesin pencari biasa. Maka dari itu keberadaan dua hal itu sendiri adalah misteri yang ada di internet yang tak semua orang bisa mengakses konten-konten yang ada disana.

Meski berada di sisi gelap internet, Dark Web dan Deep Web adalah dua entitas yang berbeda walaupun sama-sama tidak bisa ditelusuri lewat web browser biasa. Lalu apa itu Deep Web? Deep Web sendiri adalah web yang tidak bisa dideteksi lewat mesin pencari biasa dan kita pun harus tahu alamat dari web tersebut untuk bisa menjelajahnya. Tapi Deep Web sendiri biasanya terdiri dari situs web biasa yang memiliki halaman yang "disembunyikan" untuk user atau pengguna tertentu.  

Sebagian besar konten yang ada di Deep Web lebih cenderung berisi dokumen rahasia yang dipegang oleh pemerintah suatu negara atau institusi lain, yang mana tak semua orang bisa mengaksesnya karena sifat rahasia dari dokumen tersebut.


Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep WebSource: fedotov.co
Dark dan Deep Web sisi gelap Internet yang luas.
Lain Deep Web, lain pula Dark Web. Dark Web adalah versi lebih kelam dari Deep Web itu sendiri. Dark Web meskipun sama-sama tak mudah diakses tapi secara konten, dark web  berisi hal-hal yang lebih ekstrim daripada yang disajikan dalam Deep Web itu sendiri. Di dalam Dark Web ketika mengaksesnya, kita bisa mencari berbagai hal yang berkaitan dengan pasar narkoba ilegal, konten kekerasan ekstrim hingga konten pornografi dengan tema-tema yang tidak masuk di akal.

Selain itu masih banyak lagi hal-hal ilegal yang bisa kita temui ketika mengakses Dark Web yang notabene versi lebih gelapnya dari Deep Web. Tentu saja konten-konten yang ada di sana tak bisa terdeteksi oleh web browser biasa dan kita pun harus memiliki perangkat lunak khusus yang berfungsi sebagai peramban web khusus untuk mengakses laman-laman yang ada di dalam Deep Web ataupun Dark Web.

Salah satunya perangkat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses deep web atau dark weeb adalah dengan menggunakan TOR Browser yang dibuat untuk mengakses konten web yang ada di Dark Web dan Deep Web. Format domain dan situs di Dark Web dan Deep Web juga berbeda dari yang biasa kita temui di situs web biasa dan terdiri dari karakter huruf dan angka yang asal.


Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep Web

Dari sisi keamanan, mengakses salah satu situs web di Dark Web atau Deep Web pun lebih berbahaya dibanding mengakses situs web yang berada di web yang biasa kita temui. Namun menurut Heimdal Security, membuka situs Deep Web dan Dark Web bukan merupakan tindakan ilegal, namun akan menjadi ilegal jika kita berinteraksi di dalamnya, terutama jika kita tidak memiliki bekal keamanan internet yang mumpuni maka bisa saja kita akan mendapat masalah.


Bahaya yang Mengintai Jika Sembarangan Mengakses Deep Web dan Dark Web


Hadirnya Dark Web dan Deep Web memang membuat dunia internet lebih seru untuk ditelusuri. Namun hal itu tentu harus dibekali dengan adanya keamanan internet yang baik. Karena ancaman internet yang disebabkan kita menelusuri dua hal tersebut cukup berbahaya dan bisa saja menyerang privasi kalian. Maka dari itu berhati-hatilah dalam mengakses Dark Web dan Deep Web. Lantas bahaya seperti apa yang mengintai saat mengakses deep web atau dark web? Berikut penjelasannya!


1. Bahaya Mengakses Deep Web dan Dark Web: Ancaman Virus


Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep Web

Saat kita mengakses Deep Web dan dark Web secara sembarangan, virus-virus internet tersebar banyak di sana. Tidak seperti saat mengakses situs web biasa, Deep Web dan juga dark Web biasanya dihuni oleh para peretas atau hacker yang sudah siap dengan segala jebakan yang mengintai pengguna "awam" yang coba-coba mengaksesnya. 

Salah satunya ancaman dan bahaya mengakses Deep web dan dark Web adalah virus yang dibuat oleh para peretas yang memiliki dampak yang sangat buruk bagi perangkat ataupun data-data pribadi kita sendiri. Buruknya lagi, virus yang dibuat juga bisa membuat perangkat komputer kita menjadi rusak secara permanen hanya dengan satu virus saja.


2. Bahaya Mengakses Deep Web dan Dark Web:  Terkena Jailbait


Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep Web

Sebelum membahas soal bahaya Jailbait di Deep Web alangkah baiknya kita mengetahui definisi lebih jauh dari istilah tersebut. Jailbait sendiri adalah suatu istilah yang merujuk kepada jebakan untuk berbuat tindakan seksual kepada seseorang di bawah umur yang memiliki penampilan layaknya orang dewasa. Di ranah Deep Web, hal tersebut cukup sering terjadi dan tak sedikit orang yang terjebak dengan Jailbait yang mana tentu saja sesuai namanya, umpan tersebut akan membawa mereka ke penjara karena tindakan asusila terhadap orang di bawah umur karena disana pun praktek penjualan anak di bawah umur untuk kebutuhan seksual masih marak terjadi. 


3. Bahaya Mengakses Deep Web dan Dark Web: Informasi Pribadi Bisa Terkuak


Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep Web

Bahaya mengakses deep web dan dark web satu ini hampir sama seperti ancaman virus, saat mengakses konten yang ada di Deep Web atau Dark Web, kita juga harus siap-siap menghadapi bahaya lain yang mengintai yaitu bocornya informasi pribadi kita oleh para peretas. Bahkan lebih mengerikannya lagi, para hacker atau peretas juga bisa melacak posisi kita berada. 

Maka dari itu banyak yang menyarankan jika kita berani mengakses Deep Web atau Dark Web, harus dibekali dengan apa yang dinamakan VPN atau Virtual Private Network sebagai perangkat lunak untuk mengelabui posisi IP atau Internet Protocol kita agar informasi pribadi kita tidak mudah dilacak atau terkuak.


4. Bahaya Mengakses Deep Web dan Dark Web: Terjebak Cyber Crime


Mengenal Apa Itu Deep Web Serta Bahaya Mengakses Deep Web

Kejahatan siber atau Cyber Crime menjadi dampak terbesar bagi siapapun yang mengakses hingga mengelola situs-situs Deep Web maupu Dark Web. Karena masuk ke dalam sisi gelap dari internet, siapa saja yang memasukinya harus siap-siap menerima bahaya serta konsekuensinya jika tidak memiliki keamanan yang baik saat menjelajah sisi lebih kelam dari internet melalui Deep Web ataupun Dark Web.

Banyak bahaya yang mengacu kepada Cyber Crime yang berkaitan dengan Deep Web dan Dark Web, beberapa diantaranya adalah praktek transaksi narkoba dan obat-obatan ilegal terlarang online serta penjualan manusia (human trafficking). Maka dari itu berhati-hati jika tidak ingin terjebak dalam ranah kriminal dari Deep Web maupun Dark Web, meskipun kita hanya sekedar iseng mengakses. Tanpa adanya keamanan internet yang kuat serta mental baja, siap-siap untuk menerima bahaya dan konsekuensi mengakses Deep Web dan Dark Web. 

  • Share:

ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT