RAM Komputer penjelasan dan perkembangannya

Mungkin anda telah mengetahui Fungsi RAM pada Komputer baik itu PC atau Laptop, bahkan sering muncul pertanyaan yang menjadi kriteria saat anda ingin membeli sebuah perangkat Komputer dengan bertanya RAM nya berapa Gigabyte..??? nah dalam Artikel ini kami akan menyajikan lengkap Jenis-jenis RAM yang sudah berada selama ini, hingga tujuan dari artikel ini anda dapat dengan mudah mengetahui Jenis RAM apa yang terpasang dalam Komputer anda jika suatu saat anda ingin menambah kapasitas RAM, sehingga untuk anda tidak perlu salah membeli RAM atau untuk anda yang menjadi Teknisi Komputer juga tidak salah memilih RAM yang cocok untuk ditambahkan ke Komputer Komsumen anda..


RAM Komputer secara umum, menurut bentuk dibagi jadi 2 jenis yaitu:

  1. 1.DIMM (ukurannya panjang ... Buat PC Standar dan server) kecuali jika anda menemukan PC Barebone atau Mini PC atau beberapa type PC All in One kemungkinan anda akan mendapati RAM yang digunakan model SODIMM

  2. 2. SODIMM (ukurannya kecil.. buat Laptop)



Dari perkembangan jenis RAM , disini kami memaparkan berbagai Jenis RAM yang telah beredar selama ini, dan jika anda Teknisi era tahun 80 dan 90 an anda pasti tahu beberapa jenis RAM yang ada dibawa ini :


  1. 1. FPM DRAM(sudah Udzur) singkatan dari (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) adalah memori dinamis dengan akses halaman cepat yang memastikan kinerja yang lebih tinggi daripada DRAM konvensional.

  2. 2. EDO RAM (sudah Udzur) adalah jenis dari memori modern pertama yang memiliki kemampuan untuk mengakses sedikit terus menerus pada halaman yang sama di memori.
    Dalam memori sebelum EDO RAM, sebuah operasi dihentikan sebelumnya untuk menjalankan operasi lain dan proses ini memerlukan waktu untuk mengisi ulang sebelum melakukan operasi lainnya.
    Pada tahun 1995, jenis memori yang lebih baru disebut RAM data yang diperluas (EDO) menjadi tersedia untuk sistem Pentium. EDO, bentuk modifikasi memori FPM, kadang-kadang disebut sebagai mode Page Hyper.

  3. 3. RD-RAM (kebutuhan khusus) atau Rambus DRAM (RDRAM) adalah RAM yang dikembangkan oleh RAMBUS, Inc., Pengembangan ini menjadi polemik karena Intel berusaha memperkenalkan PC133MHz. RDRAM ini memiliki jalur data yang sempit (8 bit)


    tetapi kinerjanya tidak dapat diungguli oleh DRAM jenis lain yang jalur datanya lebih lebar dari RDRAM yaitu 16 bit atau bahkan 32 bit. Hal ini karena RDRAM ini memiliki Memory Controller yang dipercanggih. Tentunya hanya motherboard yang mendukung RAMBUS saja yang bisa memakai DRAM ini,

  4. 4. SD-RAM (masih dipakai sampe sekarang) Synchronous Dynamic Random Access Memory (disingkat menjadi SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.

    SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan menjadi kecepatan 100 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4 dan AMD Athlon/Duron). Popularitasnya menurun saat DDR-SDRAM pertamakali di temukan yang mampu mentransfer data dua kali lipat SDRAM muncul di pasaran dengan chipset yang stabil. Setelah itu, akibat produksinya yang semakin dikurangi, harganya pun melonjak tinggi, dengan permintaan pasar yang masih banyak; dengan kapasitas yang sama dengan DDR-SDRAM,



Nah sesuai dengan perkembangannya SDRAM singkatan dari Synchronous Dynamic RAM dibagi menjadi:

  1. 1. Standar SD-RAM ( biasa dipakai pentium 2 dan pentium 3.

  2. 2. DDR SD-RAM ( Pentium4 dan AMD Athlon). DDR sendiri singkatan dari Double Data Rate, yang artinya kecepatan double dari Standart SDRAM. DDR SD-RAM juga dikenal sebagai DDR1.

  3. 3. DDR 2 SD-RAM (Core2Duo dan Amd Athlon X2). Revisi bentuk dan peningkatan Speed dr generasi sebelumnya.

  4. 4. DDR 3 SD-RAM ( Core i series dan AMD A series). Revisi bentuk, peningkatan speed dan efisiensi hemat listrik dari versi sebelumnya.

  5. 5. DDR 4 SD-RAM ( pc 2016 keatas seperti Intel Core i seri 6000 keatas,, dan AMD Ryzen).Revisi bentuk, peningkatan speed dan efisiensi hemat listrik dari versi sebelumnya.

  6. 6. DDR 5 SD-RAM Revisi peningkatan kecepatan dari versi sebelumnya. Namun lebih banyak dipakai untu GPU

  7. 7. DDR 6 SD-RAM (belum dipakai di PC,). Revisi peningkatan kecepatan dari versi sebelumnya.


Label dan embel-embel pada RAM 

Hal Terpenting untuk anda menambah atau Mengupgrade RAM ada pada Kode disetiap RAM yang hendak anda beli atau Pasang, ini penting agar anda tidak salah membeli sekeping RAM, atau bisa jadi anda seorang Teknisi yang asal saja memasang RAM ke sebuah PC atau Server atau Laptop mengakibatkan System menjadi sangat Lambat dikarenakan RAM yang terpasang tidak sesuai..berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan 

  1. 1. S contoh : PC2-6400S...... Yang artinya itu adalah SO-DIMM.. atau ram pendek yg biasanya untuk LAPTOP

  2. 2. U Contoh : PC3-10600U.... RAM paling UMUM.... Yang artinya itu adalah spesifikasi RAM UNBUFFER, atau untuk PC Standar dan bukan spesifikasi server.... Biasanya ditulis di RAM PC, atau juga kadang tidak ditulis di bagian paling belakang. Seperti : PC3-12800 .... Paling sering di tulis di RAM DIMM (PC) Tapi kadang juga di RAM SODIMM / Laptop ( biasanya jadi S dan U , yang artinya SODIMM - UNBUFFER).

  3. 3. L Contoh : PC3L-12800S... yang artinya adalah RAM dengan spesifikasi Voltase rendah ( Hemat daya ). Biasanya dipakai untuk RAM laptop. Tapi juga ada untuk RAM PC..

  4. 4. R Contoh : PC4-19200R .... Yang artinya ini adalah RAM BUFFER type REGISTERED. khusus untuk PC / Processor dengan. Spek ECC. Contoh,, Intel Xeon dan AMD. Biasanya server.

  5. 5. LR Contoh : PC3-12800LR... Yang artinya ini adalah RAM BUFFER type LOAD REDUCED. khusus untuk PC / Processor dengan spek ECC, seperti Intel Xeon dan AMD. Biasanya server.

  6.  6. FB contoh : PC3-12800 FB... Yabg artinya ini adalah RAM BUFFER type FULL BUFFER. khusus untuk PC / Processor dengan spek ECC, seperti Intel Xeon dan AMD. Biasanya server.

  7. 7. RAM SERVER, Entah berlabel R, LR, atau FB, tidak bisa digunakan pada kebanyakan PC standar. Harus support ECC. DAN BUKAN BERARTI LEBIH CEPAT... malah lebih lambat,, karena RAM memiliki fitur koreksi kode error (ECC) yang tentu membutuhkan waktu untuk mengecek data. Dan biasanya RAM type ini BERJUMLAH CHIP GANJIL



ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT